What Is You Looking For?


Breaking News

Selasa, 20 September 2016

PENGENALAN TENTANG SERVER ( PART I )



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh , Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar mengenal server.

1. LATAR BELAKANG

Kita hanya mendengar apa yang disebut server jadi disini kita memperjelas apa itu server? karena jujur.. saya sendiri hanya tau melalui kata-kata orang jadi kita kan sama-sama mengenalnya..

2. ALAT DAN BAHAN

-  Cukup membaca dan memahaminya saja
 
3. PENGERTIAN

Server jika kita artikan dalam bahasa indonesia itu adalah peladen, serveritu merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Server membutuhkan processor dan RAM yang berspesifikasi tinggi dan juga harus dilengkapi dengan sistem operasi khusus ,server juga menjalankan sistem perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya contohnya seperti berkas dan juga pemberian akses terhadap sumber daya di perkantoran dan sebagainya....

Umumnya sistem operasi server menggunakan struktur server/client contoh dari layanan ini adalah seperti Protokol konfigurasi host dinamik,server surat,server PTH,server PTB,server DNS,

Setiap sistem operasi peladen umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat juga membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan menanggapi permintaan dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan permintaan kepada peladen yang menjalankan layanan peladen PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan permintaan kepada peladen, dengan bahasa yang dipahami oleh peladen PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.

Contoh sistem operasi peladen adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

4. PEMBAGIAN

Secara umum jenis server dibagi Disk server, File server , printer server , Terminal server

Disk server digunakan untuk menyediakan fasilitas penyimpanan dimana ,setiap user seolah-seolah user tersebut sedang mengakases harddisk nya sendiri jadi pengguna bisa mengunggah suatu file yang ada di server tersebut..

File server
File server menyediakan pelayanan yang mirip dengan disk server tetapi juga mengola disk lokal di setiap komputer. File server bekerja berdasarkan software disk held yang mengolah file-file yang di simpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang disimpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang tersimpan untuk dimanfaatkan oleh sejumlah user yang berbeda.

Terminal server
Bertindak seperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil atau terminal - terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akses ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya rendah

6. HASIL DAN KESIMPULAN

Kita jadi bisa mengenal apa itu server bukan hanya tau namanya saja.
Sebelum membangun server kita harus mengenalnya karena banyak orang yang tahu tapi tidak mengerti server ,

7. REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen
http://wongzo.blogspot.co.id/2012/05/pengertian-server-apa-sih-server-itu.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. AMNA-BLOG